Selasa, 09 April 2013

Walikota Tutup Diklat Pim III

Banda Aceh - Walikota Banda Aceh Ir. Mawardy Nurdin, M.Eng Sc resmi menutup kegiatan Diklat Pim III angkatan I tahun 2013 di aula pemko Banda Aceh Senin (8/4). Dalam arahannya Walikota mengatakan hendaknya segala materi pelatihan yang telah diterima selama 49 hari bisa diterapkan dalam menjalankan tugas selaku abdi masyarakat.
Dikatakannya sebagai abdi negara, PNS mendapatkan penghasilan dari pajak masyakat. oleh karena itu sudah sepantasnya kita mengabdi kepada masyarakat,
“saya ingin tegaskan, mari ubah mindset kita sekarang juga dari dilayani menjadi melayani," tegasnya.



Disamping itu Walkota meminta agar setiap PNS di kota Banda Aceh terus berusaha meningkatkan kompetensinya baik melalui pelatihan-pelatihan, maupun secara otodidak.
“Apa yang bapak ibu dapatkan selama mengikuti diklat adalah bagian kompetensi manajerial disana diajarkan banyak teori dan juga terjalin kebersamaan sesama peserta. Dan bisa dinilai apakah kita termasuk orang-orang terbuka atau tertutup, bisa menerima pendapat orang lain atau tidak," ujarnya.
Peserta Diklat yang seluruhnya dari pejabat eselon III juga diimbau agar setelah mengikuti diklat tersebut dapat menjalin kerjasama sesama eselon sehingga akan mudah mencapai visi dan misi Banda Aceh ke depan.

Walikota juga menyentil masih ada beberapa kekurangan para pejabat di lingkupnya. Dikatakannya Pejabat dianggap belum mampu mengajak dan mendistribusikan pekerjaan kepada bawahannya. Bisa kita lihat capaian nilai E-Kinerjanya sangat tinggi dapat nilai A, tapi ketika kita lihat bawahannya tidak ada nilai. Oleh karenanya Walikota meminta kedepan agar hal itu tidak terjadi lagi, dan mengimbau agar para pejabat dapat memotivasi bawahannya, mengajak, serta bahu membahu dalam mensukseskan kinerja SKPDnya nasing-masing.

Dari 30 peserta yang mengikuti diklat pim III tidak ada seorangpung yang mencapai predikat nilai sangat memuaskan, yang ada hanyalah 5 orang memperoleh predikat memuaskan, selebihnya dibawah itu. Terhadap hasil tersebut walikota tidak marah, karena menurutnya predikat itu merupakan capaian semu, namun yang paling penting adalah bagaimana aktualisasi diri dan peningkatan kompetensi masing-masing.
Sebelumnya kepala BKPP Kota Banda Aceh M. Natsir Ilyas dalam laporannya mengatakan Diklat Kepemimpinan Tingkat III angkatan I dilingkungan pemerintah Kota Banda Aceh dilaksanakan selama 49 hari yang di mulai pada 9 Februari sampai 8 April meliputi 360 jam pelajaran. 30 peserta terdiri dari 6 perempuan dan 24 laki laki. sebanyak 15 orang diantaranya menduduki jabatan eselon III dan 15 lainnya menjabat eselon IV yang sudah lulus seleksi Pim tingkat III.

Dikatakannya seluruh peserta telah melakukan observasi lapangan ke kota Surakarta selama 6 hari. Peserta dibagi 3 kelompok studi. Kelompok I mengkaji topik upaya penguatan calon kepala sekolah, kelompok II mengkaji optimalisasi pembinaan kesenian tradisional jawa pada generasi muda, dan kelompok III mengkaji optimalisasi pengendalian tata ruang.


Dijelaskannya sistem penilaian mengacu pada peraturan pemerintah no 101 tahun 2000 tentang pendidikan dan pelatihan jabatan PNS. Dikatakan keseluruhan peserta dinyatakan lulus. Dengan kualifikasi 5 orang predikat nilai memuaskan, 18 orang baik sekali dan 7 orang mendapat predikat nilai baik. (Trz)

0 komentar:

Posting Komentar